Tuesday, August 4, 2009

Mbah Surip, nama yang begitu fenomenal , seorang yang ngga neko-neko, apa adanya dan mampumemberikan nuansa musik yang berbeda di indonesia telah kembali ke sisi Nya.

Sebenarnya mbah surip sudah berkarya dan berada di jakarta sejak tahun 1985 , dan menurut teman dekatnya yang saya kutip semalam di metro TV , kalo tidak salah namanya Anto Baret, mbah surip datang ke jakarta dengan naik sepeda ONTEL ( sepeda kayuh ), dengan tujuan untuk bertanding panco dengan Elyas Pikal ( gimana nulisnya " mantan petinju " kalo ga salah ) dengan 4 hari perjalanan. Sungguh perjuangan yang luarrr biasa !!!

Mbah surip dikenal sebagai orang yang ramah dan murah senyum plus bisa bikin orang ketawa dan tidak sombong, dan satu lagi " ga bisaan kalo sama orang ". Jadi kesimpulannya mbah surip itu buaaaik bangets..

Siapakah sebenarnya beliau, saya kutip dari KapanLagi.com coba simak beritanya

Dilahirkan di Mojokerto, 5 Mei 1949 dengan nama asli Urip Achmad Rijanto Soekotjo adalah duda dengan empat orang anak sekaligus kakek dari empat cucu.

Mbah Surip merupakan lulusan dari Sekolah Teknik (ST) Pasna Wiyata pada 1974 dan lulus dari STM Brawijaya pada 1977. Ia juga sempat melanjutkan pendidikannya ke Teknik Mesin Universitas Sunan Giri Cabang Mojokerto pada 1979.

Kelar menyelesaikan kuliahnya, Mbah Surip menikah dengan Minuk Sulistyowati. Dari pernikahannya ini, ia dikaruniai 4 orang anak, Tita (Prita), Farid (kini menjadi manager Mbah Surip di Jakarta), Krisna (Nina) dan Ivo (masih kuliah semester 2 di jurusan Satra Jepang Unesa).

Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip menjalani berbagai macam profesi. Mulai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian bahkan lelaki yang memiliki gelar Drs, Insinyur dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California.

Karena ingin mengadu nasibnya, akhirnya Mbah Surip hijrah ke Jakarta. Ia kemudian bergabung dengan komunitas seniman, sebut saja Teguh Karya, Aquila, Bulungan, dan Taman Ismail Marzuki.

Karena terlalu lama merantau, akhirnya sang istri meminta cerai. Dan Minuk pun menikah lagi. Sedang Mbah Surip memilih tetap menjadi duda.

Kesempatan pun datang kepada seniman yang pernah menerima penghargaan dari MURI untuk aksi menyanyi terlama ini. Ia mendapat kesempatan masuk ke studio rekaman.

Dalam perjalanan bermusiknya, ia telah mengeluarkan beberapa album yang dimulainya sejak 1997. Beberapa albumnya antara lain, IJO ROYO-ROYO (1997), INDONESIA I (1998), REFORMASI (1998), TAK GENDONG (2003) dan BARANG BARU (2004).

Tak Gendong sendiri ia ciptakan pada 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat. Menurut Mbah Surip lagu ini memiliki makna filosofi tersendiri, yakni belajar salah.

Pada hari Selasa, 4 Agustus 2009, Mbah Surip meninggal. Menurut kabar yang beredar, Mbah Surip yang kerap mengatakan 'I Love You Full' ini menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 10.30 wib, setelah sebelumnya sempat dilarikan ke RS Pusdikkes, Jakarta Timur.

Mbah Surip meninggal dengan status duda yang telah disandangnya selama 26 tahun dan meninggalkan empat anak dan empat cucu. Jenazahnya akhirnya dimakamkan di di kawasan Bengkel Teater W.S Rendra , Depok, Jawa Barat untuk beristirahat selama-lamanya.

Seniman nyentrik asal Mojokerto, Jawa Timur, tersebut menghadap Sang Khalik. Kepergian pelantun tembang Tak Gendong yang begitu mendadak itu menyisakan duka yang sangat mendalam bagi kerabat, teman dekat maupun para penggemarnya.

Kini, tiada lagi penampilan unik dengan rambut rasta ala penyanyi reggae dan tawanya yang khas dan lepas, yang menjadi ciri dari Mbah Surip.

Dari Mbah Surip kita dapat bejalar banyak, tentang kesederhanaan , rasa sosialisasi tinggi, dan mensyukuri atas segala nikmat yang di berikan, dan dia pun tidak mudah mengeluh.



Download lagu Alm. Mbah Surip :

1. Tak Gendong
2. Bangun Tidur ' tidur lagi'



1 comment:

Terimakasih atas komentarnya

Popular Posts